SELAMAT DATANG SEMOGA SUKSES

eLHakim

Selasa, 18 Januari 2011

MENGENAL MACAM-MACAM OLAHRAGA RENANG

Siapa yang tak kenal dengan olahraga renang?. Semua orang pasti mengetahuinya. Bahkan yang tidak pernah melakukannya pun juga tahu apa itu olahraga renang. Namun ketika ditanya, tentang macam macam olahraga renang, barulah yang ditanya menjadi bingung. Karena selama ini memang masyarakat hanya memahami bila jenis olahraga renang itu yang renang saja, tidak ada yang lain.

Padahal sebenarnya olahraga renang itu tidak melulu hanya renang saja. Masih banyak macam macam olahraga renang yang lain. Masyarakat mungkin sudah mengetahui atau minimal pernah melihatnya, namun karena ada pemahaman yang kurang, maka mereka tidak tahu bahwa selain renang, masih banyak jenis olahraga lain yang bisa dikelompokan sebagai olahraga renang.

Macam Macam Olahraga Renang

Yang dimaksud dengan olahraga renang adalah olahraga yang dilakukan di kolam atau media lain yang ada airnya sehingga kita bisa melakukan gerakan renang. Yang dimaksud dengan media lain selain kolam renang juga bisa di sungai atau laut. Jadi macam macam olahraga renang ini jenisnya memang cukup banyak. Diantaranya adalah :

1. Renang
Ini adalah jenis olahraga yang paling populer yang di lakukan di dalam air. Dalam suatu pertandingan, biasanya olahraga ini terdiri dari beberapa gaya, misalnya gaya kupu kupu, gaya punggung, gaya bebas, gaya katak dan sebagainya. Ada pula yang namanya renang estafet. Bentuknya juga seperti lari estafet, namun dilakukan dengan cara berenang.

2. Senam air
Salah satu macam macam olahraga renang ini juga dilakukan di kolam renang. Bentuknya juga seperti senam yang ada di darat. Namun tentu saja gerakannya harus diseusaikan dengan kolam yang digunakan untuk melakukan senam ini.
Meski belum begitu populer di Indonesia, namun sebenarnya sudah ada beberapa orang yang tertarik untuk menekuni olahraga ini. Dalam perlombaan, penentuan juaranya ditentukan berdasarkan nilai yang diberikan oleh juri. Penilaian ini meliputi keindahan, kelenturan tubuh, keserasian antara gerakan dan musik, kekompakan kelompok dan sebagainya.

3. Polo air
Sebelumnya macam macam olahraga renang untuk jenis ini juga tidak begitu dikenal di Indonesia. Namun pada tahun 2000 ada beberapa propinsi yang mengadakan pembinaan atau pengenalan pada masyarakat.
Olahraga polo air adalah permainan di kolam renang yang dilakukan dengan membentuk tim atau grup. Jadi dalam pertandingan ada dua grup yang saling mengadu ketangkasan. Bentuk permainan dari polo air sebenarnya juga tidak berbeda jauh dengan sepakbola di darat atau lapangan. Perbedaannya terdapat pada jumlah pemain.
Bila dalam sepakbola terdiri dari sebelas pemain termasuk kiper, maka untuk polo air jumlah pemainnya ada tiga belas. Karena kipernya ada dua dan yang pemainnya sebelas. Cara penentuannya juga berdasarkan jumlah gol yang masuk ke gawang lawan.

4. Loncat indah
Macam macam olahraga renang yang cukup populer selain renang itu sendiri adalah loncat indah. Ini bisa dibuktikan di kolam renang-kolam renang yang terdapat di Indonesia. Hampir semuanya menyediakan fasilitas untuk melakukan olahraga yang dilakukan dengan cara meloncat dari papan  yang letaknya di atas kolam renang dengan ukuran ketinggian tertentu.
Dalam perlombaan, penilaian untuk menentukan juara meliputi keindahan loncatan, jumlah putaran tubuh yang bisa dilakukan ketika melakukan loncatan dan lain-lain

Selain empat jenis olahraga di atas, sebenarnya masih ada banyak macam macam olahraga renang yang lain lagi. Misalnya olahraga selam atau diving. Namun selama ini olahraga ini masih terbatas sebagai hobi dan wisata untuk melihat keindahan kehidupan di laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar