SELAMAT DATANG SEMOGA SUKSES

eLHakim

Selasa, 18 Januari 2011

 
MENGAJAR BALITA RENANG

Renang merupakan aktivitas di luar ruangan yang memberikan efek hiburan sekaligus olahraga yang menyehatkan. Renang juga terbukti mampu meningkatkan kondisi tubuh serta memperbaiki postur tubuh seseorang. Saat ini banyak orang tua yang berusaha mengenalkan dunia renang kepada buah hati mereka sedari dini.
Berenang merupakan salah satu cara untuk mengembangkan sistem motorik pada balita. Renang juga mampu meningkatkan kekuatan pernafasan yang bisa menjadi salah satu terapi bagi anak Anda jika mengalami gangguan pernafasan, asma atau sering sakit – sakitan.
Pada awalnya, Anda bisa mengajak balita Anda untuk belajar berenang menggunakan kolam karet yang dipompa. Biarkan dia bermain dengan benda – benda lucu dan menarik seperti bebek plastik, perahu atau mainan karet lain untuk menemani dia bermain di air.
Kemudian, setiap akhir pekan, sempatkan untuk menghabiskan waktu untuk mengajak si kecil ke kolam renang. Saat ini hampir semua tempat berenang menyediakan kolam renang khusus untuk balita yang kedalamannya hanya beberapa centimeter.
Berenang tidak hanya bagus untuk merangsang pertumbuhan sistem motorik anak Anda, tapi juga membantu menguatkan pernafasan dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan karena dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Semakin dini Anda mengenalkan renang kepada buah hati Anda, semakin banyak manfaat yang akan diperoleh.
Jika usia buah hati Anda di bawah dua tahun, pastikan untuk memegangi anak Anda selama berada di kolam renang. Atau Anda bisa juga meletakkan dia di atas ban berenang seperti duduk di dalam perahu. Biarkan dia berinteraksi dengan air dengan nalurinya. Beberapa anak memang memiliki kemampuan lebih untuk segera beradaptasi dan belajar berenang, namun secara umum, tingkat kestabilan tubuh anak di usia dua tahun ke bawah masih kurang.
Berbeda dengan anak usia dua setengah tahun atau mungkin tiga tahun. Anda mulai bisa melepaskan dan membiarkan mereka bermain sepuasnya di kolam renang. Jika dia belum begitu pandai berenang, gunakan rompi pelampung khusus sesuai ukuran anak Anda. Jika sudah lebih pandai, rompi berenang bisa dilepas dan diganti dengan pelampung kecil di sisi atas tangan.
Berenang juga bisa menjadi terapi bagi anak – anak yang sulit makan. Selesai bermain dengan air, anak – anak cenderung akan merasa lapar sehingga nafsu makan akan meningkat. Selain itu, berenang memang merupakan olahraga yang melibatkan semua anggota tubuh ikut bergerak, sehingga akan melancarkan peredaran darah dan memperbaiki metabolisme tubuh.
Renang juga merupakan salah satu kegiatan yang diberikan di playgroup dan Taman Kanak – Kanak. Berenang bersama dengan teman – teman tentu akan lebih seru dan menyenangkan bagi anak Anda. Karena itu, jika ada jadwal berenang dari tempat sekolah, pastikan anak Anda ikut serta.
Berenang tidak melulu harus di kolam renang khusus, karena saat ini banyak restoran atau tempat makan keluarga yang menyediakan kolam renang untuk anak – anak, kolam pemancingan sekaligus pemandangan yang luar biasa. Selain makan, Anda sekaligus dapat memanfaatkan waktu seoptimal mungkin dengan keluarga dan buah hati Anda. Selain itu, tempat – tempat bermain anak juga telah memiliki fasilitas kolam renang yang memadai dan aman.
Hotel juga merupakan salah satu alternative tempat berenang bersama keluarga dan buah hati Anda. Tata letak dan lingkungan hotel yang asri juga merupakan pilihan tepat untuk melewatkan akhir pekan dengan berenang dan juga menikmati hidangan di hotel.
Setelah beberapa kali berpindah lokasi, Anda akan dapat melihat lokasi mana yang lebih disukai anak Anda. Jika memang si kecil lebih menyukai satu tempat tertentu, pastikan untuk memasukkan jadwal berenang setiap akhir pekan di kolam renang tersebut. Saat anak Anda tumbuh semakin besar, pindahkan ke kolam dengan kedalaman lebih dan demikian seterusnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar