SELAMAT DATANG SEMOGA SUKSES

eLHakim

Selasa, 18 Januari 2011


MANFAAT PROGRAM LATIHAN RENANG

termasuk salah satu jenis olahraga yang banyak digemari. Karena selain menyehatkan, dengan berenang kita bisa juga menyegarkan kembali fisik dan pemikiran dengan berendam dan bermain di air yang jernih. Sebab, berenang termasuk olahrga yang mengandung unsur kegembiraan dan bukan sekedar bertujuan mencari prestasi semata.
Pogram latihan renang yang intensif biasanya dilakukan di kolam renang yang sudah memiliki standar internasional. Di dalamnya akan terdapat beberapa instruktur yang akan mengajari dan mengarahkan tekhnik berenang yang baik dan benar,
Selain itu juga pada kolam renang yang sudah profesional, biasanya juga akan dilengkapi dengan fasilitas pengamanan yang menjaga perenang dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan adanya fasilitas ini, maka program latihan renang yang kita jalankan bisa dilakukan dengan aman. Sebab, keselamatan para perenang akan terjamin, selain juga akan mendapatkan pengarahan yang benar dari para instruktur.
Namun belajar berenang tidak diharuskan dilakukan di kolam yang memiliki fasilitas yang memadai seperti di atas. Di kolam renang kecil atau di rumah, kegiatan berenang juga bisa dilakukan sekedar untuk melatih kebugaran serta menyegarkan otak dari rutinitas sehari hari. Sebab, pada dasarnya berenang merupakan olahraga yang sangat baik bagi tubuh, khususnya jika dilakukan secara rutin.
Manfaat Program Latihan Renang
Kita bisa menyusun sendiri program latihan renang. Tidak perlu terlalu rumit, cukup dengan membuat jadwal waktu berenang dan berapa panjang lintasan yang akan ditempuh dalam latihan rutin tersebut. Sebab, ada beberapa manfaat yang bisa didapat jika kita mendisiplinkan diri berenang. Beberapa manfaat tersebut di antaranya :
  1. Bagi remaja, berenang bisa membantu menambah tinggi badan dan menguatkan otot tangan serta kaki.
  2. Untuk perempuan, berenang bisa mengurangi kadar lemak serta mencegah kegemukan.
  3. Orang tua yang menggemari olahraga berenang, dapat bermanfaat untuk melenturkan otot dan syaraf sehingga bisa mencegah terjadinya stroke dan gangguan serangan jantung.
  4. Bagi mereka yang sedang dalam masa penyembuhan akibat cedera otot, berenang bisa membantu mempercepat pemulihan serta menjaga kekuatan otot yang sebelumnya tidak banyak digerakkan selama masa penyembuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar