Merancang Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK
Pendukung kinerja belajar yang efektif dan kreatif, keunggulan mutu pembelajaran dapat pendidik kembangkan melalui pendayagunaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Di bawah ini terdapat beberapa model proses belajar, sumber belajar dan produk belajar yang dapat pendidik kembangkan dalam RPP. Untuk memudahkan implementasnya, contoh kita terapkan dalam pendidikan agama Islam dengan merujuk pada pengembangan kemampuan berpikir model Taksonomi Bloom.Mengingat (Remembering)
No | Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK | Sumber Belajar | Produk |
1 | Menamai file | Pedoman aplikasi Word, Excell, power point | Memberikan kode pada penamaan file |
2 | Meringkas materi kedalam bentuk bullet pointing | PraktePower point, word, | Membuat bullet, pointing, colouring mengenai informasi penting |
3 | Mengidentifikasi web dan nara sumber yang mendukung materi tafsir | Mozilla firefox, internet explorer | Membookmarking/ favouriting web atau nara sumber terkait |
4 | Menceritakan kembali topik diskusi yang ada di situs jejaring sosial situs masjid | Facebook, twitter | Mendaftar sebagai anggota di situs jejaring sosial, situs dagang |
5 | Menjelaskan ulang informasi penggunaan internet sebagai sumber belajar keislaman | Search engine : Google, yahoo, msn | Melakukan pencarian data melalui search engine (googling) |
No | Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK | Software/fasilitas pendukung | Produk |
1 | Mengutarakan pendapat tentang masjid online | kompas.com; detik.com; | Memberikan komentar mengenai tulisan di masjid online. |
2 | Mengidentifikasi perjuangan umat di dalam komunitas internasional | Time Line (Perkembangan Sejarah dalam garis waktu) | Mengklasifikasikan file, website dan bahan ke dalam folder |
3 | Mendiskusikan topik pelajaran sejarah perkembangan Islam | Forum di internet(forum my masjid) | Menyampaikan opini dalam forum internet |
4 | Menjelaskan ulang materi pelajaran ke dalam blog | wordpress.com, blogspot.com, multiply.com | Laporan berupa catatan dan tugas harian dalam blog |
5 | Menerjemahkan materi pelajaran berbahasa asing dari internet | Internet, google translate, translation2.paralink.com | Materi pelajaran dalam dua bahasa |
No | Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK | Software/fasilitas pendukung | Produk |
1 | Menguji pemahaman materi Al-Qur’an dan Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih, Tarikh dan Kebudayaan Islam pelajaran melalui e-learning | Program e-learning; http://www.islamicacademy. org/index.htm | Ringkasan hasil eksplorasi melalui internet yang disajikan secara tertulis dalam forum. |
2 | Mengilustrasikan proses biologi perkembangan manusia dalam bentuk flow chart | Microsoft office vissio, Power point, word | Mengaplikasikan beberapa program pada power point. |
3 | Mengaplikasikan program excel untuk menghitung zakat | Excel | Memodifikasi aplikasi program |
4 | Menguji kemampuan daya nalar dalam membandingkan kekuatan pendapat | http://www.factbook.net/muslim_pop.php | Memainkan sebuah berbasis pendidikan |
5 | Menyusun fakta-fakta sejarah menjadi sebuah kliping / catatan sejarah Islam | Web, sejarah Islamhttp://id.wikipedia. org/wiki/Sejarah_Islam | Mengdownload materi dari sebuah web |
No | Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK | Software/fasilitas pendukung | Produk |
1 | Mengintegrasikan data, tabel, grafik dan flow chart ke dalam sebuah artikel | Word, excel, visio, blog/web | Mengintergrasikan beberapa sumber data ke dalam satu web/blog |
2 | Menghubungkan topik mata pelajaran yang dipelajari dengan informasi terupdate | Google, yahoo dan search engine lainnya | Menetapkan link web yang berhubungan dengan materi |
3 | Menguraikan biografi tentang tokoh sains terkemuka | Google, yahoo, wikipedia | Ringkasan Biografi tokoh Islam |
4 | Mereview dan menilai informasi hasil browsing | Google, yahoo | Memvalidasi ketelitian dan kebenaran data dari web |
5 | Mengorganisir data yang dimiliki sesuai dengan mata pelajaran dan jenis file | Web, blog, pdf, mp2, word, excel | Mengorganisir data online |
No | Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK | Software/fasilitas pendukung | Produk |
1 | Merekomendasikan web/sumber online sebagai bahan belajar | Google, yahoo, web, blog | Daftar dan link web yang direkomendasi untuk dipelajari |
2 | Mengkritisi sebuah topik yang sedang dibahas | Forum diskusi online | Mengomentari topic tertentu pada forum diskusi |
3 | Menilai kelayakan suatu karya untuk ditampilkan ke publik | Forum online sekolah, | Memoderatori sebuah forum diskusi |
4 | Memantau kemajuan kolaborasi | Web/blog/forum | Membangun kolaborasi dan jaringan di situs social dunia Islam |
5 | Meningkatkan efektivitas penggunaan web sebagai media belajar | e-learning | Membuat link dengan beberapa situs yang relevan |
No | Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK | Software/fasilitas pendukung | Produk |
1 | Menciptakan aplikasi program sederhana | Power point, excel | Mengembangkan kreasi dengan power point, Mengembangkan kreasi kreasi gambar dan foto |
2 | Menciptakan aplikasi multimedia sederhana | Adobe photoshop | Mengembangkan animasi sederhana untuk mengemas gambar dalam karya siswa. |
3 | Medesain tampilan blog/website pribadi | Webhosting gratis | Website / blog gratis untuk kelompok kerja |
4 | Berkolaborasi menghasilkan suatu karya untuk dipublikasikan secara online | Internet, blog, website | Mengembangkan kerja sama mengembangkan karya tulis bersama berbasis jaringan internet. |
5 | Membuat rekaman kegiatan sekolah/ karya dalam bentuk audio (podcasting) | Software atau pemutar mp3, perekam audio, | Hasil rekeman kegiatan keagamaan untuk dipublikasikan secara online |
6 | Merancang web/blog komersial | Web, blog | Memiliki toko usaha online untuk memenuhi keperluan pengembangan keagamaan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar