SELAMAT DATANG SEMOGA SUKSES

eLHakim

Selasa, 18 Januari 2011


TIPS MEMBUAT KOLAM RENANG

Artikel ini akan menjelaskan secara gamblang beberapa tips cara membuat kolam renang  dengan biaya murah dan di lokasi yang terbatas. Jika Anda menginginkan mempunyai kolam renang, namun kurang ada lahan dan biaya yang leluasa, tips ini akan sangat membantu Anda.

Memang dengan banyaknya konsultan atau kontraktor, Anda akan dengan mudah dibimbing bagaimana cara membuat kolam renang yang diinginkan. Namun, patut diingat berapa biaya yang akan dikeluarkan sekali menyewa mereka. Jangan-jangan nanti yang mahal malah sewa jasa kontraktornya ketimbang biaya pembuatan kolam renangnya sendiri.

Langkah Awal
Banyak kegunaan tentunya jika Anda mempunyai kolam renang sendiri. Berbeda dengan kolam renang umum, dimana berbagai kendala dan keterbatasan akan menghalangi Anda dan keluarga untuk berenang. Dengan mempunyai kolam renang sendiri, Anda bisa bebas menentukan waktu berenang. Kapanpun ingin berenang, tinggal langsung menuju ke kolam renang. Berenang di tempat sendiri jelas akan menjaga privasi (aurat), karena selain keluarga sendiri tak ada orang lain yang melihatnya.

Nah, sekarang langkah awal yang harus disiapkan untuk memulai membuat kolam renang yakni:
  • Konsultasikan terlebih dahulu dengan semua anggota keluarga, apakah disetujui jika bagian rumah Anda akan dibuat kolam renang. Hal ini jelas sangat terkait dengan lahan, khawatir lahan terbuka Anda yang sempit ketika dijadikan kolam renang akan mendapatkan protes dari anak atau pasangan Anda .
  • Siapkan tempat terbuka dengan luas minimal 6 x 3 meter. Perlu diperhatikan, jika hanya tersedia 3 x 3 meter yang terbuka bisa digabungkan dengan ruang tertutup yang selama ini dipandang kurang efektif atau bahkan jarang digunakan.
Mahal Nggak?
Nah, sekarang saatnya kita membicarakan berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk membiaya pembuatan kolam renang. Anda akan dibawa dan ditunjukkan bahwa membuat kolam renang itu tak mahal kok. Cukup mengeluarkan kocek kira-kira Rp 5 juta-an, kolam yang sesuai dengan keinginan Anda sudah bisa dihadirkan. Bagaimana caranya:
  • Membiayai konstruksi utama kolam renang. Sudah diperkirakan biayanya untuk konstruksi cor beton plus bayar upah sekitar Rp 3 juta, dan biaya keramik Rp 1 juta.
  • Biaya-biaya alat yang lain, semisal penyaringan/sirkulasi sebesar Rp 400 ribu, mesin penyedot air seharga Rp 200 ribu, mesin penyedot endapan lumpur di dasar kolam seharga Rp 100 ribu, peralon, seng Rp 100 ribu.
  • Desinfektan, kapur, tawas, dsb Rp 100 ribu.
  • Pemasangan instalasi listrik ke perlatan di kolam renang sekitar Rp 100 ribu.
Nah setelah kolam renangnya selesai, Anda juga harus membuat bak penampungan airnya denghan volume 0,25 kubik. Kedua kolam disambungkan dengan satu atau dua lubang di dinding bagian atas kolam, untuk saluran pembuangan air kolam renang jika akan dikuras nantinya.

Selamat mencoba cara membuat kolam renang ini. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar