SELAMAT DATANG SEMOGA SUKSES

eLHakim

Selasa, 18 Januari 2011


MATERI RENANG YANG MENGASYIKKAN

Renang. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan olahraga yang satu ini. Renang merupakan satu dari sekian banyak olahraga renang yang mempergunakan air sebagai sebagai media utama. Untuk materi olahraga renang itu sendiri, tidak serumit yang diperkirakan oleh kebanyakan orang, dan juga tidak segampang yang dikira oleh orang kebanyakan juga.

Olahraga Renang

Pada artikel ini akan mencoba memberikan sedikit pengetahuan tentang materi olahraga renang secara asyik dan gampang, yang akan memberikan gambaran sederhana perihal olahraga renang. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi Anda. 
Berikut ini adalah beberapa materi-materi renang, yang sayang untuk Anda lewatkan. Beberapa gaya yang umum dan lazim dalam olahraga renang adalah:
1.  Gaya Kupu-Kupu
Gaya kupu-kupu atau butterfly. Sesuai dengan namanya, gaya renang ini seperti meniru gaya seekor kupu-kupu, dimana sang perenang mengangkat lengannya dekat ekstensi penuh dan rilis di pinggang. Lengan si perenang mulai mengambil dan menarik, kepala diangkat ke permukaan untuk mengambil napas.
Jarak umum yang dipergunakan untuk renang gaya kupu-kupu adalah, 50 meter, 100 meter, dan 200 meter. Sedangkan untuk perenang kelas novice sering kali berada pada kelas 25 meter;
2.  Gaya Punggung
Gaya punggung atau back. perenang harus berenang dengan mengandalkan punggung, yang mirip ketika Anda merangkak ke depan, kecuali di bagian belakang. Menendang ke belakang dilakukan dengan bergantian menggunakan kedua kaki secara terus menerus. Lengan berkoordinasi satu per satu seperti gerakan sebuah kincir angin di sisi tubuh.
Jarak yang umum dipergunakan untuk renang gaya punggung adalah 50 meter, 100 meter, dan 200 meter. Tergantung pada kolamnya. Sedangkan untuk perenang kelas novice sering kali berada pada kelas 25 meter.
3.  Gaya Dada
Gaya dada atau breast. Perenang harus berenang dengan mengandalkan dada, dimana perenang menggunakan tendangan kaki keluar (seperti layaknya seekor katak atau kodok, tapi lebih banyak seperti cambuk dan dengan lutut secara bersama-sama).
Jarak umum yang dipergunakan untuk renang gaya dada adalah 50 meter, 100 meter, dan 200 meter. Sedangkan untuk perenang kelas novice sering kali berada pada kelas 25 meter.
4.  Gaya Bebas
Gaya bebas atau freestyle. Gaya bebas adalah sebuah gaya dalam renang, dimana perenang bernafas ke sisi dengan satu telinga biasanya berada di dalam air, tendangan dengan bergantian kedua kaki, dan menarik dengan setiap lengan yang bergerak secara bergantian.
Jarak yang umum dipergunakan untuk renang gaya bebas adalah 50 meter, 100 meter, 200 meter, 400 meter, 500 meter, 800 meter, 1000 meter, 1500 meter atau 1650 meter. Sedangkan untuk perenang kelas novice sering kali berada pada kelas 25 meter.
Demikian artikel perihal materi-materi olahraga renang yang umum dan merupakan salah satu hal paling dasar, yang harus diketahui oleh para perenang. Baik pemula maupun yang telah profesional. Tunggu apa lagi, tidakkah Anda segera ingin pergi untuk berenang dengan segala gaya yang ada?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar