SELAMAT DATANG SEMOGA SUKSES

eLHakim

Selasa, 18 Januari 2011


BELAJAR RENANG MENYENANGKAN

Kita tahu bahwa olah raga renang merupakan sebuah olah raga yang sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Olah raga ini memungkinkan semua anggota tubuh untuk bergerak sehingga akan ada lebih banyak kalori yang terbakar serta lebih mendukung terbentuknya otot–otot tubuh.
Untuk itu, olah raga renang sangat baik untuk dilakukan oleh anak – anak di usia pertumbuhan, karena seperti yang kita ketahui, untuk mempercepat pertumbuhan anak – anak memerlukan makanan bergizi dan cukup berolah raga. Dengan berenang, otot dan tulang di dalam tubuh anak – anak akan lebih cepat tumbuh
Itulah mengapa semua orang perlu belajar berenang. Olah raga renang akan menjadi sebuah olah raga yang menyenangkan dan memberikan manfaat besar untuk kesehatan dan pertumbuhan pada anak – anak. Meski demikian, bukan berarti bahwa orang dewasa sudah terlambat untuk belajar berenang. Ketika keinginan dan keberanian dimiliki, olah raga renang akan sangat mudah dipelajari dan menjadi olah raga yang menyenangkan untuk dinikmati kapanpun.
Untuk membuat olah raga renang tersebut lebih menyenangkan, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut;
Untuk Anak – Anak:
- Agar anak Anda dapat menyukai olah raga renang, tentunya Anda harus membuat olah raga tersebut cukup menyenangkan bagi anak Anda sejak awal. Tentu saja Anda harus memastikan bahwa instruktur renang yang Anda pilih dapat mengajarkan mereka dengan baik serta memberikan kesan aman dan nyaman kepada anak Anda yang sedang mencoba belajar renang.
- Apabila Anda memiliki cukup waktu dan kemampuan yang memadai untuk mengajarkan anak Anda berenang, akan menjadi ide bagus bila Anda dapat mengajarkan anak Anda sendiri. Tentunya proses belajar tersebut akan terasa lebih nyaman karena anak Anda pastinya akan sepenuhnya mempercayakan keselamatannya pada Anda.
- Lengkapi perlengkapan berenang dan keselamatan, seperti pelampung dengan berbagai bentuk; pelampung dada, pelampung lengan, pelampung berbentuk ban dan sebagainya sehingga anak Anda akan lebih merasa aman dan tertarik untuk belajar berenang.
- Pilihlah tempat belajar berenang yang menyenangkan. Apabila Anda tidak memiliki kolam renang pribadi, memilih kolam renang umum dengan berbagai fasilitas anak–anak yang menarik merupakan ide brilian untuk membuat proses belajar lebih menarik dan menyenangkan.
Water Boom yang menjadi tempat wisata air terpopuler sekarang ini merupakan salah satu pilihan tepat. Namun, sebaiknya jangan memilih hari libur untuk belajar berenang karena pastinya obyek wisata tersebut akan sangat ramai.
- Dampingi anak Anda selama ia belajar berenang. Meski Anda tidak ikut mengajarinya, Anda dapat mengawasi di pinggiran kolam renang sehingga Anda dapat merasa lebih nyaman dan percaya diri untuk bisa berenang lebih cepat.
Untuk Dewasa:
Banyak orang berkata bahwa ketika seseorang telah dewasa, akan lebih sulit baginya untuk belajar berenang. Namun, tidak sepenuhnya anggapan tersebut benar. Kendala utamanya hanyalah kemauan dari orang tersebut. Meski Anda terbilang terlambat untuk belajar berenang, bukan berarti Anda telah terlambat.
Dengan kemauan belajar tinggi, Anda pasti bisa berenang dengan cepat; bahkan dalam waktu beberapa minggu. Sedangkan tips untuk belajar berenang yang menyenangkan, Anda membutuhkan beberapa hal berikut;
- Pastikan bahwa Anda dapat merasa cukup nyaman dengan memperhatikan beberapa faktor, seperti pakaian renang yang Anda kenakan, instruktur renang yang dapat membuat Anda cukup nyaman, serta tempat dimana Anda belajar. Ketika Anda cukup nyaman, Anda akan lebih menikmati proses belajar tersebut dan bisa menguasai lebih cepat.
- Agar proses belajar berenang berjalan cukup cepat, Anda harus mengetahui beberapa tips untuk membuat teknik berenang tersebut lebih mudah Anda kuasai. Dengan membuat tubuh Anda rileks, tubuh Anda akan lebih mudah mengapung                 
- Apabila memang dirasa perlu ajaklah teman Anda yang juga membutuhkan pelatihan berenang. Kebersamaan yang ada akan mengurangi perasaan “kaku” karena mungkin malu, tidak nyaman, dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar