SELAMAT DATANG SEMOGA SUKSES

eLHakim

Selasa, 18 Januari 2011



Dalam ini Anda dapat mengetahui banyak hal khususnya olahraga renang gaya punggung sebagai salah satu jenis gaya yang sulit dipelajari dalam renang.
Gaya punggung ini termasuk yang sulit karena dilakukan dengan cara muka menghadap ke atas dan membelakangi garis finish sehingga diperlukan kejelian dan kecermatan dalam mengasah insting dalam memperkirskan antara jarak badan dengan tembok finish.

Makalah olahraga renang gaya punggung ini akan lebih menekankan dan menjelaskan mengenai apa itu gaya punggung? Bagaimana melakukannya? dan tips-tips apa saja yang perlu dilakukan supaya menghasilkan gerakan yang cepat namun tetap sesuai dengan aturan berenang gaya punggung.
Karena itu, makalah ini sangat diperlukan terutama bagi mereka yang masih awam dan belum begitu familiar gaya punggung dalam renang.

Gaya Tertua
Sebagaimana diketahui bahwa ada berbagai macam gaya dalam berenang, yakni gaya bebas, gaya dada, daya kupu-kupu, dan yang sedang kita bahas mengenai gaya punggung.
Masing-masing gaya tersebut memiliki perbedaan dan karakteristiknya masing-masing. Gaya punggung misalnya, karena posisi muka ada di atas permukaan air sehingga bernafas dimudahkan. Namun demikian, biasanya perenang profesional kesulitan dalam menentukan seberapa jauh lagi dengan garis finish karena posisi punggung yang menghadap ke depan bukannya muka.

Perbedaan gaya punggung dengan gaya lainnya dalam renang pun terletak dalam posisi awal start, dimana kalau gaya lainnya biasaya dilakukan diatas permukaan air. Sedangkan gaya punggung startnya dilakukan dalam air.
Posisi perenang sendiri menghadap ke dinding kolam, kedua lutut ditekuk dan posisinya berada diantara kedua belah lengan. Posisi kedua belah telapak kaki melakukan tumpuan pada dinding kolam renang.

Gaya punggung ini merupakan gaya kedua tertua setelah gaya bebas dan telah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali dijadikan sebagai pertandingan resmi tercatat terjadi dalam Olimpiade Paris tahun 1900.

Gerakan-Gerakan
Sebagaimana telah dijelaskan diatas bahwa gaya punggung ini memiliki gaya berbeda dengan gaya yang lainnya. Diantara beberapa gerakan tersebut, yakni:
1. Gerakan kaki
a. posisi kaki kanan dan kiri digerakkan secara bergantian (persis seperti orang yang sedang berjalan). Serupa juga dengan gaya lainnya, namun bedanya dengan posisi kepala menghadap ke atas.
b. gerakan kedua kaki tersebut dilakukan secara cepat dan terarah untuk menghindari arah gerah tubuh yang mengalami deviasi atau penyimpangan.

2. Gerakan tangan
a. letakkan posisi satu tangan diatas kepala.
b. ayunkan tangan yang diatas kepala tersebut dengan gerakan mengayuh ke belakang menuju ke arah pinggang.
c. tangan tersebut kemudian angkat ke permukaan air dan kembalikan ke posisi awal.
d. lakukan gerakan tersebut dengan tangan yang satunya lagi secara bergantian.

3. Gerakan perpaduan (kombinasi)
a. gerakan kaki terus secara konsisten dilakukan seperti pada poin pertama (1).
b. muka yang menghadap ke atas, tangan kiri dan kanan secara bergantian melakukan gerakan seperti pada poin nomor 2 (a, b, c).
Demikian makalah olahraga renang gaya punggung yang semoga banyak membantu Anda dalam mendalami renang gaya punggung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar