SELAMAT DATANG SEMOGA SUKSES

eLHakim

Selasa, 18 Januari 2011

RENANG
 
ini akan mencoba mendeskripsikan ihwal olahraga berenang yang ternyata sudah ada sejak masa pra-sejarah. Jika saya dulu ketika masih di kampung cukup berenang di kolam ikan, sungai atau bahkan sumur pemandian, sekarang di kota-kota kecil saja sudah banyak di bukan kolam renang. Berenang memang sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Diantaranya anak-anak yang secara rutin berenang akan mempunyai tingkat pertumbuhan tubuh yang baik, pernafasannya terjaga, dan staminanya juga sangat mumpuni.
Berenang bagi warga kota sudah menjadi life style. Malah banyak orang tua yang memasukkan anak-anaknya ke sekolah berenang yang mempunyai instruktur khusus. Maksudnya tiada lain supaya sejak kecil anak-anaknya sudah familiar dan terbiasa dengan olahraga air tersebut karena banyak sekali kegunaannya.
Meski demikian, ternyata masih banyak yang belum faham dari mana asal usul dan perkembangan renang itu sendiri sampai akhirnya menjadi olahraga yang diperlombakan di setiap even-even olahraga dunia. Artikel olahraga renang inilah yang akan coba dimaksudkan untuk membedah renang dari mulai kehadirannya (sejarah).
Metamorfosa Renang
Sejarah mencatat bahwa renang ternyata sudah dilakukan sejak zamn pra-sejarah ribuan tahun silam. Fosil-fosil yang ditemukan banyak yang menguatkan bahwa ternyata berenang sudah ada dan dilakukan sejak masa manusia purba.
Di Wadi Sora misalnya, wilayah di sebelah barat daya Mesir ditemukan gua-gua bagi para perenang. Bahkan di Jepang (Asia Timur) yang terkenal dengan samurainya, olahraga renang wajib dikuasai oleh para jawara samurai.
Tercatat bahwa olahraga renang mulai dipertandingkan pertama kali di Eropa pada tahun 1800-an. Waktu itu, belum banyak ditemukan gaya-gaya renang seperti sekarang ini sehingga kebanyakan para atlet yang bertanding mengggunakan gaya dada.
Adapun gaya bebas yang pertama kali dilakukan oleh Arthur Trudgen menyusul setelah gaya dada di kenal terlebih dahulu. Terbilang tahun 1902 Richard Cavil melakukan kombinasi antara gaya bebas dengan gaya tendangan kaki untuk menambah daya hentak sehingga tubuh bisa melaju lebih cepat dan mempunyai power.
Seiring berjalannya waktu, olahraga renang pun makin populer dan tersebar ke seluruh dunia. Dan momentum olimpiade di kota Athena Yunani tahun 1896 menjadi ajang pertama kalinya kategori renang dipertandingkan di ajang bergengsi tersebut. Ketika itu, ada empat nomor yang dipertandingkan, yakni nomor 100 m, nomor 500 m, nomor 1200 m, dan nomor 100 m yang khusus untuk para pelaut.
Pada olimpiade keduanya yang diadakan di Prancis, kategori nomor renang yang dipertandingkan ditambah menjadi 6 nomor, yakni nomor 200 m, 1000 m, 4000 m, 200 m dengan menggunakan gaya dada, 200 m beregu, dan nomor dengan gaya bebas.
Persatuan Internasional
Seperti halnya dengan olahraga lainnya seperti sepak bola, bola basket, atau bulu tangkis, olahraga renang juga mempunyai federasinya yang disebut Federation Intrenationale De Natation De Amateur atau Persatuan Renang Ibnternasional. Organisasi renang dunia ini disahkan pada 1908, yang dalam salah satu ketentuannya menetapkan bahwa gaya kupu-kupu merupakan variasi dari gaya dada yang sudah sedari awal muncul.
Perlu waktu sekitar 40 tahun untuk memisahkan gaya tersebut sebagai gaya tersendiri dan bukan bagian dari gaya dada lagi. Selain itu, patut diketahui bahwa sampai 1912 yang melakukan kompetisi renang hanyalah kaum pria saja, wanita baru diperbolehkan untuk ikut bertanding terjadi ketika olimpiade diselenggarakan di Stockholm, Belgia.
Gaya-gaya
Beberapa gaya yang terdapat dalam olahraga renang dan sering dipertandingkan diantaranya:
  • Gaya dada
  • Gaya kupu-kupu
  • Gaya bebas
  • Gaya punggung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar